Uang Bukan Kunci Kebahagiaan - Ini Tips Menemukan Kebahagiaan Sejati

JURNAL IT - “Uang tidak bisa membeli kebahagiaan.” Sebagian besar hidup saya, saya merasa sulit membenarkan ide ini. Siapa pun yang mengatakan bahwa sejuta dolar tidak akan membuat mereka lebih bahagia, pasti tidak berpikir jernih.

Uang memberi Anda lebih banyak kendali atas hidup Anda; kebebasan untuk pensiun lebih awal, keamanan untuk mendukung diri sendiri dan keluarga Anda, kenyamanan untuk membeli barang dan pengalaman yang membuat Anda bersemangat, pilihan untuk mengatakan "ya" ketika teman-teman Anda mengundang Anda makan malam... Daftar manfaat uang bisa terus berlanjut.

Jadi ketika Yale merilis kelas kebahagiaannya secara gratis online, saya memutuskan untuk mencobanya. 

The New York Times menyebutnya sebagai kelas "terpopuler" di universitas itu - dan ratusan orang yang melaporkan perbaikan hidup yang luar biasa setelah mengikuti kelas tersebut sudah cukup meyakinkan saya. 

Mungkin ini akan mengubah cara saya menghabiskan dan memikirkan uang, pikir saya.

Kelas 10 minggu, yang disebut "The Science of Well-Being," diajarkan oleh Laurie Santos, seorang profesor psikologi dan ilmu kognitif. 

Dia memulai kelas dengan mengatasi mengapa hal-hal yang kita inginkan dalam hidup sebenarnya tidak membuat kita bahagia.

Penyebabnya adalah fenomena yang disebut "kesalahan keinginan," dan itu merujuk pada ide bahwa orang kadang-kadang "salah memprediksi" seberapa banyak mereka akan menikmati sesuatu di masa depan.

Uang ≠ Kebahagiaan. Benarkah?

Santos mengacu pada beberapa "fitur menjengkelkan dari pikiran" yang memengaruhi kita untuk mengejar hal-hal yang sebenarnya tidak membuat kita bahagia. 

Banyak dari tujuan materialistik yang kita kejar tidak memiliki dampak yang signifikan pada kepuasan hidup kita secara keseluruhan, menurut Santos. Salah satu kesalahpahaman utama yang dia tangani adalah uang.

Untuk membuktikan argumennya, Santos mengutip sebuah studi Princeton terkenal pada tahun 2010. 

Para peneliti menganalisis respons dari 450.000 orang Amerika yang disurvei tentang hal-hal seperti pendapatan mereka dan apakah mereka menjalani kehidupan terbaik yang mungkin bagi mereka. 

Data menunjukkan bahwa meskipun kebahagiaan meningkat seiring dengan pendapatan seseorang, korelasinya mencapai puncak pada sekitar 75.000 USD per tahun.

Namun, masalah dengan studi ini adalah bahwa itu diterbitkan satu dekade yang lalu. Sejak itu, gagasan bahwa uang tidak membeli kebahagiaan telah dibantah oleh sejumlah peneliti. 

Sebuah survei Skandia International's Wealth Sentiment Monitor pada tahun 2012, misalnya, menemukan bahwa "penghasilan kebahagiaan" global jauh lebih tinggi, yaitu 160.000 USD.

Dan sebuah studi Harvard yang lebih baru dari tahun 2018 menunjukkan bahwa "kekayaan besar memprediksi kebahagiaan yang lebih besar" - bagi para jutawan. 

Para peneliti menemukan "bukti yang konsisten bahwa tingkat kekayaan yang sedikit lebih tinggi tidak berhubungan dengan kesejahteraan yang lebih tinggi, tetapi tingkat yang jauh lebih tinggi (kekayaan bersih $ 8 juta atau lebih) terkait dengan kesejahteraan yang sedikit lebih besar." (Meskipun sebagian besar dari kita bukan jutawan, masih ada banyak data yang mengimplikasikan bahwa kebahagiaan, sampai batas tertentu, terkait dengan uang.)

Ketika saya bertanya kepada Santos apa pendapatnya tentang studi tersebut, dia menjawab, "Mereka penting, tetapi saya tidak berpikir bahwa mereka mengubah pesan dari kelas, yaitu bahwa kekayaan tinggi memiliki efek kecil pada kebahagiaan. 

Kuncinya adalah jauh lebih sedikit dari yang kita prediksi, dan jauh lebih tidak efektif dari praktik-praktik lain yang kami sarankan."

Praktik-praktik seperti meditasi, rasa syukur, dan membuat waktu untuk koneksi sosial memiliki efek terbesar pada kesejahteraan kita, kata Santos, menambahkan bahwa praktik-praktik ini jauh lebih mudah dicapai daripada mencoba melebihi angka 10 juta USD.

Santos melanjutkan: "Uang tidak meningkatkan kebahagiaan seperti yang kita pikirkan. Pikiran kita membodohi kita tentang seberapa besar dampak uang tambahan akan berpengaruh pada kebahagiaan kita."

Berbelanja dengan penuh kesadaran untuk menumbuhkan kebahagiaan

Ketika Santos mewawancarai Elizabeth Dunn, seorang peneliti kebahagiaan dan co-author dari buku “Happy Money,” mereka membahas mengapa menghabiskan uang untuk pengalaman, bukan benda, yang membuat kita bahagia.

Namun, bukankah benda-benda tersebut menghasilkan pengalaman? Dan bukankah Anda membutuhkan uang untuk membeli barang-barang tersebut? (Pengalaman mengemudi di jalan raya yang indah membuat saya bahagia, jadi saya telah mengeluarkan ribuan untuk membeli mobil. 

Pengalaman bepergian membuat saya bahagia, jadi saya telah mengeluarkan ribuan untuk tiket - belum lagi biaya hotel, makanan, dan pengeluaran lainnya.)

Jawaban Santos terhadap pertanyaan saya adalah, “Itu tergantung. Jika Anda bisa memperhatikan bagaimana mobil baru terasa ketika Anda mengemudi - dengan memperhatikan musik, seberapa baik mobil tersebut digunakan, dan lainnya - maka mobil baru bisa terasa seperti pengalaman.”

Oke, itu membuat sedikit lebih masuk akal: Lebih tentang pertukaran tersebut. 

Uang bisa membuat saya bahagia jika saya fokus pada membeli barang yang menghasilkan pengalaman positif yang sama berulang kali.

Pengalaman baru dan seringkali singkat, seperti kemeja mahal yang tidak akan saya kenakan setiap hari, kurang rentan terhadap adaptasi hedonik. 

Tujuannya adalah menjaga kebahagiaan agar tidak memudar. Oleh karena itu, belanja dengan penuh kesadaran dapat membantu kita menumbuhkan kebahagiaan yang tahan lama.

Tujuan baru: Mengubah gaya hidup dan pola

Santos mengakhiri kelas ini dengan berkata, "Apakah uang benar-benar membuat kita lebih bahagia? Mungkin sedikit. 

Mungkin jika Anda tinggal di AS dan hanya menghasilkan 10.000 USD per tahun, maka ya, lebih banyak uang akan membuat Anda lebih bahagia." Namun, bagi sebagian besar dari kita, lebih banyak uang tidak akan membuat perbedaan yang signifikan.

Secara keseluruhan, kelas ini mengubah cara saya memikirkan tentang uang, terutama tentang cara saya menghabiskannya dan seberapa besar prioritas saya terhadapnya. 

Saya juga berusaha untuk mengubah gaya hidup dan pola pikir saya. Meskipun tidak ada satu panacea untuk kebahagiaan, yang paling membantu adalah mengambil tindakan di mana saya kurang memenuhi kebutuhan.

Santos menyarankan kami untuk bereksperimen dengan berbagai praktik untuk melihat apa yang terbaik untuk kita. 

Sudah beberapa bulan sejak saya menyelesaikan kelas ini, dan sejauh ini, saya telah menemukan bahwa praktik-praktik dan perubahan pola pikir ini sangat berdampak pada hidup saya:

  • Belajar keterampilan baru untuk hasil hidup yang lebih positif, bukan hanya untuk uang atau "kemajuan" dalam karier saya.
  • Menjadi lebih baik dengan menghabiskan uang untuk orang lain, bukan untuk diri sendiri.
  • Membuat lebih banyak waktu untuk teman dan keluarga, bukan bekerja (terutama di akhir pekan).
  • Mengurangi pengeluaran untuk hal-hal yang tidak tahan lama, seperti gadget yang mahal dan seprai yang tidak diperlukan.
  • Mengadopsi kebiasaan sehat dalam hidup saya, seperti berolahraga, menulis jurnal, dan meditasi.

Apakah saya sepenuhnya yakin bahwa uang tidak akan membuat saya bahagia? Belum sepenuhnya. Ini akan membutuhkan banyak usaha dari pihak saya, tetapi saya sedang berusaha - dan itu adalah lompatan yang cukup signifikan jika dibandingkan antara diri saya yang lama dengan yang baru.(*)

Posting Komentar

0 Komentar